Diberdayakan oleh Blogger.

Bisa Basi, Ini Umur ASI Perah Sesuai Tempat Penyimpanannya

Seperti pangan lainnya, air susu ibu perah (ASIP) bila dibiarkan terlalu lama bisa terkontaminasi bakteri dan jadi basi. Agar awet maka penyimpanannya harus baik.

Konselor laktasi dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Farahdhiba Tenrilamba mengatakan dalam botol yang steril ASIP sebetulnya dapat bertahan 4 hari di suhu ruangan. Namun bila berencana untuk menyimpan ASIP lebih lama bisa dilakukan di cool box (kotak pendingin) atau kulkas tergantung kebutuhan.



"Menyimpannya banyak sekali tahapannya. Kalau misal di udara luar suhu 25-27 (derajat celcius -red) bisa 4 jam bertahan asal kontainer tertutup. Meningkat lagi di cool box yang banyak macamnya, itu bisa sampai 10 jam," papar Dhiba ditemui detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Senin (3/8/2015).

Baca juga: Cara Alami Mengobati Infeksi Ginjal 

Cool box disebut Dhiba cocok bagi ibu yang sibuk atau ingin bepergian jauh namun tetap ingin memberikan air susu ibu (ASI) yang bagus untuk anak.

Bila ASIP banyak diproduksi dan ingin disimpan untuk kondisi darurat, kulkas dikatakan Dhiba jadi pilihan. Di dalam kulkas, kompartemen bagian bawah cukup dingin sehingga ASIP bisa bertahan sekitar 7 hari dan bagian atas yang sangat dingin atau freezer bisa bertahan 3 sampai 6 bulan.

Apabila ibu ragu terhadap ASIP yang sudah lama disimpan, tentukan kualitas kualitas dengan cara mencium dan merasakannya. Bila tak ada bau aneh dan rasanya sama seperti saat di perah maka ASIP dikatakan Dhiba masih bagus.

"Makanya kita selalu menyarankan ibu untuk merasakan ASIPnya. Jadi bisa ngetes kalau ada perubahan apa-apa sebelum dikasih ke bayi," tutup Dhiba. untuk Informasi Selanjutnya disni Informasi Dunia Kesehatan.

source: detik.health.com

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

проститутки секс раком Bila ASIP banyak diproduksi dan ingin disimpan untuk kondisi darurat, kulkas dikatakan Dhiba jadi pilihan. Di dalam kulkas, kompartemen bagian bawah cukup dingin sehingga ASIP bisa bertahan sekitar 7 hari dan bagian atas yang sangat dingin atau freezer bisa bertahan 3 sampai 6 bulan. Истинно благородный человек не рождается с великой душой, но сам себя делает таковым великолепными своими делами.
. Украсить вечер обществом прекрасных дам в наше время стало легко и просто. Ухоженная проститутка Киева встретится для секса с мужчиной.

Posting Komentar